Wednesday, September 07, 2005

BGP -++sedikit bicara++-

Apa ya...hmmm
bismillah
Border gateway Protocol (BGP) adalah sebuah protokol routing inter-Autonomous System. protokol ini dibuat berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari teknologi EGP (apa ya EGP) sebagaimana terdokumentasikan dalam RFC 904, RFC 1092 dan RFC 1093(cari sendiri deh).
Fungsi utama sistem BGP adalah untuk bertukar informasi network yang dapat "dijangkau"(reachability/reachabilitas) oleh sistem BGP lain, termasuk didalamnya informasi-informasi yang terdapat dalam list autonomous system (AS). Informasi tersebut dibutuhkan untuk membuat grafik konektivitas, sehingga memungkinkan beberapa loop routing dapat dipangkas dan keputusan policy pada tingkatan AS yang dapat dibuat.

Untuk membuat keputusan policy yang bisa dikerjakan oleh BGP ini harus memperhatikan kaidah bahwa satu BGP speaker melakukan pemberitahuan(advertise) ke BGP speaker lainnya (peer).

Kaidah ini mencerminkan paradigma routing umum "hop by hop" dan beberapa diantaranya membutuhkan teknik lain seperti source routing.

contoh, BGP tidak mengizinkan satu AS mengirim trafik ke AS-neighbor jika trafik tersebut diambil dari rute berbeda. dengan katalain, BGP hanya mensupport policy yang mengikuti paradigma routing "hop by hop" -- dan karena internet hanya menggunakan paradigma routing "hop by hop", sementara BGP dapat mensupport policy-policy yang sesuai dengan paradigma tersebut --- maka jelas BGP sangat memungkinkan untuk diaplikasikan sebagai sebuah protokol routing antar-AS diantara koneksi-koneksi internet.

Sekarang kita bahas mengenai jenis protokol bgp dan laen laen.

BGP berjalan melalui sebuah protokol transport. ini untuk mengiliminasi kebutuhan-kebutuhan fragmentasi update, retransmisi, acknowledgment dan sequensi. Skema-skema authentifikasi yang digunakan oleh protokol transport dapat juga diikutsertakana ke mekanisme autentifikasi BGP.

Protokol yang digunakan BGP adalah TCP. BGP menggunakan port TCP 179 untuk membangun koneksi-koneksinya.

Istilah Autonomous System - sistem otonom - (AS) menurut definisi agus dan asep adalah seperangkat router yang berada dibawah otoritas/administrasi teknis tunggal. Untuk merutekan paket antar - AS interna, kita akan membutuhkan Interior Gateway Protokol(IGP). Sementara untuk merutekan paket ke AS lain, kita membutuhkan Exterior Gateway Protocol(EGP).

ah lieur


sumber: www.cisco.com (teuing nu mana)

wasalam

3 comments:

d2nr said...

cing ajarkeun urang bgp atuh...da bageur, ke ad-sense na di klik :D ;))

fp said...

vanx, gak ng0mentari isi. tapi mau k0mentar itu ik*4n disebelah (yang atas). lebih baik dibuang dari pada kena ban. gak jadi turun d0l*r nya. s0alnya termasuk p*licy vi*l4ti*n. disens0r sengaj4.

Anonymous said...

Thanks Artikelnya mas...sangat bermanfaat buat pemula seperti saya, kalo ada yang baru kirim ke email saya mas akbar_fjr@yahoo.com