Wednesday, September 07, 2005

Buffer Cache -++Sedikit linux ++-

Start.
Untuk melakukan proses baca dan tulis, sebuah file sistem yang dalam keadaan di-mount seringkali melakukan request ke dalam blok device. Semua blok data yang dibaca dan ditulis diserahkan ke device driver pada struktur data buffer_head melalui standar rutin Kernel yang disebut dengan call. Proses ini akan memberikan semua informasi yang berhubungan dengan blok yang dibutuhkan device driver, identifier pada device bersifat unik dan nomor blok digunakan oleh driver untuk membaca blok. Semua blok device ditampilkan sebagai sekumpulan blok yang memiliki ukuran sama. Untuk meningkatkan kecepatan akses ke dalam blok fisik dari device, linux mengatur hal tersebut pada sebuah cache pada buffer blok. Semua buffer blok pada sistem disimpan pada suatu tempat pada cache buffer. Cache ini digunakan bersama-sama oleh blok deice, yang pada suatu waktu terdapat beberapa blok buffer pada cache. Jika data yang tersedia valid dari buffer cache, hal ini akan memudahkan sistem untuk mengakses ke dalam device fisik. Setiap adata yang sudah digunakan untuk membaca dan menuliskan data dari sebuah blok device akan dimasukan ke dalam buffer cache. blok buffer pada cache bersifat unik karena adanya kepemilikan device dan nomor blok pada buffer. Buffer cache dibagi menjadi dua bagian fungsi. Funsi pertama adalah daftar blok buffer yang kosong. Buffer ini tidak memiliki ukuran karena tidak ada blok buffer didalamnya. Fungsi kedua adalah cache itus sendiri. Ini merupakan sebuah tabel hash dari pointer ke rantai buffer lainnya yang memiliki hash index. Hash Index berasal dari kepemilikan device dan nomor blok dari blok data.

Linux mendukung beberapat tipe buffer yang menggambarkan keadaan buffer itu sendiri diantaranya clean, locked, dirty, shared dan unshared.

Stop

2 comments:

admin said...

hmmm...buffer overflow,,berhubungan ga dengan buffer cache???

Anonymous said...

I have been to your site and I too am working very hard at adsense php to increase my revenue. I am also looking into many NEW ways to utilize the design to further direct people to follow my ads.
adsense php